April 9, 2014

Hanrid: Anak Tomboy

Yap tanggal 9!!! Pesta demokrasi untuk rakyat Indonesia! Jangan lupa memilih ya, suara kita sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia! No Golput! Khususnya bagi para pemilih pemula..
Coba deh nonton video ini dulu biar lebih semangat memilihnya.



Oke lanjut ke topik ya, jangan sampai ke bawa suasana.
Oh iya di-postingan sebelumnya saya pernah nanya kenapa ya harus tanggal 9, dan kalo mau tau cari tau sendiri kan? Nah gimana kali ini udah pada tau belum kenapa? Hihi ditunggu ya jawabannya tapi ga penting juga da ( ._.)/

Oke topik kali ini saya akan mengambil sifat Tomboy, dimana itu merupakan salah satu sifat saya.
Tomboy sendiri apa sih artinya?

source: Penny Forrester

Tomboy sendiri memiliki pengertian yaitu seorang perempuan yang memiliki sifat atau perilaku yang dianggap oleh masyarakat sebagai peran gender laki-laki, seperti mengenakan pakaian maskulin, bermain permainan yang dianggap sebagai permainan laki-laki, ataupun memiliki sifat maskulin dan tingkahnya mirip dengan laki-laki.

Asal kata tomboy sendiri itu sih sebenarnya berasal dari beberapa abad yang lalu, yaitu tepatnya sebelum abad ke-16. Tomboy waktu itu lebih ditujukan pada anak laki-laki yang tidak mau diam. Akan tetapi, pada akhir abad ke-16 (tahun 1800-an), istilah tomboy lebih menempel pada sosok anak perempuan yang tingkahnya seperti anak laki-laki (yang tidak mau diam).

Tom adalah bentukan kata dari Thomas yang dijadikan simbol dari maskulinitas atau ‘typical male aggressiveness’. Bentukan tomboy yang melekat pada sosok anak perempuan biasanya terlihat dari cara berpakaian, aktivitas fisik, atau bahkan memiliki ketertarikan yang lebih tinggi pada bidang sains dan teknologi yang dahulu lebih didominasi oleh kaum laki-laki. Kemudian ada beberapa penelitian yang mencoba mempelajarinya. Menurut laporan dari Avon Longitudinal Study of Parents and Children, perempuan pada usia sebelum sekolah yang menunjukkan perilaku yang dianggap maskulin (seperti memainkan mainan yang disukai laki-laki) dipengaruhi oleh faktor genetik dan pralahir.

Nah selain tomboy, sikap cuek saya mempengaruhi hal itu terjadi dan sedikit menjadi mendarah daging. Namun ternyata saya pun sepertinya ada keturunan sifat atas faktor genetik pula, tapi hal ini tidak berlangsung lama. Pada intinya terkadang saya hanya ingin tampil apa adanya sesederhana mungkin, ya ga ribetlah. Pake kaos, jeans, dan sneakers jadi.

Menurut kalian apa salahnya sih menjadi perempuan yang tomboy?  Jika memang kamu nyaman dengan itu semua ya kenapa tidak, selama sifat lain kamu masih normal kan dan masih dalam kewajaran (tidak berlebihan).. Intinya yaa balik lagi 'Just Be Yourself'.

Oh iya ada pula lirik lagunya Taylor Swift nih yang “You Belong With Me”, ya sebagian besar dapat menggambarkan sikap tomboy.

"But she wears short skirts, I wear t-shirts
She's cheer captain and I'm on the bleachers...


Walkin the streets with you in your worn out jeans...

She wears high heels, I wear sneakers
She's cheer captain and I'm on the bleachers..."
 

Ya selebihnya sih ada sifat-sifat saya yang benar dalam tulisan-tulisan diatas. Pokoknya selama kamu nyaman dan menjadi diri sendiri itu sudah membuat nilai plus kok :D

Referensi:
http://bangaswi.wordpress.com/2011/05/26/gadis-tomboy/
Share:

6 comments:

  1. Baik perempuan maupun laki-laki sebenarnya memiliki dua sisi feminim dan maskulin. Perpaduan keduanya yang membentuk pribadi kita. Menjadi tomboy buat saya nggak masalah, asalkan bijak dalam menempatkan diri. :)

    ReplyDelete
  2. Saya juga tomboy kok, cuek, malah cenderung tak bergeming...
    Keren banget kamu ya, kepoin pengertian tomboy, wuah padahal saya nggak kepikiran sampai sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widih samaan nih..
      Hihi biasa orang Indonesia yang keponya tiada tara=))

      Delete
  3. Menurut gue, dipilih 9 April soalnya hari Rabu. Hari pas ditengah minggu. hehe. Temen gue juga ada yang tomboy, tapi biasanya pas udah semakin tua semakin sadar dan malah jadi cantik. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan pemilihan tanggal 9 untuk pemilu yang saya tanya, tapi... oke skip aja.
      Iya ga sedikit juga sih kaya gitu, btw bukan karena sadar tapi kalo menurut saya memang kondisi yang memaksa membuatnya harus begitu.

      Delete

Hai! Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga, jangan jadi silent readers ya! Ga punya akun untuk komentar? Pilih/pakai anonymous aja! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.