January 31, 2015

Cerita Magang di Bogor (Part 2)

Cerita magang kali ini lebih ke kegiatan rutin dan berkalanya, seperti dalam hal pemeliharaan. Ya menjadi seorang peternak tidaklah mudah, kerja setiap hari walau hujan menghadang. Bagaimana tidak, bekerja dengan makhluk hidup yang harus diberi makan dan di rawat dengan baik. Itu juga yang bisa buat peternak autis sih, ngajak ngobrol ke ternaknya, ya gimana aja kaya ke hewan peliharaan pada umumnya.

Kalo kalian tau game farm yang bertebaran di luar sana, kalian akan berpikiran bahwa menjadi seorang petani dan peternak itu mudah. Saya teringat akan ucapan teman kampus, "jadi peternak ga semudah dalam game Harvest Moon!" Yap benar, soalnya dalam kenyataan banyak kejadian-kejadian yang tidak terduga, salah satunya kematian (mortilitas).

Nah pemeliharaan ternak di Balitnak sendiri umumnya sama, seperti pemberian pakan (makan), air, memperhatikan kebersihannya, dan perawatan terhadap penyakit, serta proses dalam hal perkembangbiakan.

Oh iya salah satu kegiatan rutin yang paling saya suka dan membuat betah semua, yaitu memberikan susu kepada anak sapi dan kambing. Ehm latihan menjadi ibu yang baik :$ =))


Oke-oke mungkin dalam foto tersebut terlihat ada yang aneh. Dia minum susunya rusuh sih jadi ya gitu meleber dari mulutnya. Oh iya meskipun udah dikasih susu sesuai takaran, kalo dikasih jari kita pasti dikira itu dot susu. Tapi jangan kelamaan, tau-tau kena gigi gerahamnya.. voila! jari anda terluka..

Nah selain kegiatan rutin tersebut, adapula kegitan berkala, seperti pemberian nomor, dan penimbangan bobot badan.

Pemberian nomor itu sendiri diletakkan di salah satu telinga, biasa disebut ear-tag. Tapi kali ini pemberiannya dengan metode tatto, karena seringnya ear-tag copot. Agak ngeri juga kalo denger teriakan ternak-ternaknya, soalnya ternak kira-kira baru berumur kurang lebih dua minggu. Tapi hati-hati jangan sampai salah tempat, nanti malah hasilnya jelek dan malah ngerusak telinga ternaknya. Dipikir-pikir mungkin sama kaya manusia, saat bayi perempuan lahir, ga berapa lama telinganya dilubangi. 


Terus kalo penimbangan bobot badan itu, biasa dilakukan tiap dua minggu sekali. Caranya cukup mudah tinggal masukkan ternak ke dalam timbangan dan lihat angkanya. Meskipun mudah tapi tenaga tetap terkuras, pasalnya menarik dan mendorong ternaknya biar masuk dan sabar menunggunya diam agar angka stabil.

Oke kegiatan rutin selesai, berkala juga selesai.

Sekarang ada lagi kegiatan yang dilakukan tiap per kasus. Ya kasus dalam hal penyakit. Saya ambil salah satunya deh yaitu penanganan penyakit scabies (semacam kudis) pada kambing. Dengan cara memberikan obat tertentu dengan takaran tertentu melalui penyuntikkan. Letaknya pun ada aturannya, yaitu dibawah kulit, dan diatas daging, nahloh dimana..

Nah udah deh paling kegitan yang menonjol itu aja.

Mudah-mudahan tulisan ini, dapat bermanfaat dan memberikan informasi serta pengalaman. Atau mungkin memotivasi pemuda-pemudi untuk menjadi peternak sukses yang dapat mensejahterakan dan memajukan negara Indonesia, biar ga impor daging mulu dari luar. Oh iya dan jangan pernah malu, karena selama manusia masih membutuhkan protein hewani, kita masih tetap dibutuhkan woo=))

"The ultimate goal of farming is not the growing of crops, but the cultivation and perfection of human beings". -Masanobu Fukuoka-
Share:

8 comments:

  1. Hanna ridha, saya dari kementrian pertanian sangat mengapresiasi atas kegigihan anda. Mudah mudahan anda akan menjadi penerus bangsa yang baik. Nanti saya tunjuk anda jadi menteri. #IFor2039

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat terhormat, dan terima kasih atas apresiasi yang anda berikan kepada saya Pak/Bu. Serta terima kasih atas dukungan dan doanya untuk menjadi Menteri. Terima kasih juga sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkunjung kesini. Saya sangat tersanjung:)

      Delete
  2. Waah seru juga ya. Walaupun gue tahu sebenernya capek, tapi keliatannya menyenangkan. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bawa santai dan asik aja. Semua pekerjaan juga gitu sih harusnya.

      Delete
  3. Baru mampir udah suka sama tulisannya kak :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Alhamdulillah syukur kalo suka. Terima kasih sudah mampir:)

      Delete
  4. Iya, han. Bener banget. Berternak tidak semudah di game harvestmoon. Karena game tersebut bisa dimudahkan dengan memakai cheat atau gameshark. Hahaha. Etapi, kegiatan ngasih susu yang paling gue suka dalam hal peternakan. Selain ngeliatnya lucu, bisa diajak bercanda juga kan. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata cheater ya?
      Iya asik bisa buat betah banget dikandang, lama kelamaan autis sendiri deh haha. Udah pernah nyoba juga?

      Delete

Hai! Salam kenal!
Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.