October 9, 2016

Terlalu Sibuk, Membuat Aku Dungu.

Jenuh.
Satu kata yang menggambarkan kondisi seseorang yang kebingungan dalam melakukan sesuatu dan berharap menginginkan semangatnya kembali seperti semula.

RealityTVGIFs.com

Namun, lain halnya menurut Austin Kleon, jenuh dapat menciptakan beberapa ide.
"Orang-orang kreatif butuh waktu untuk duduk saja tanpa melakukan apa pun."
"Terlalu sibuk, membuat aku dungu."

Yap, saya sependapat dengannya. Apalagi tentang pernyataan kalau terlalu sibuk bisa membuat dungu. Mungkin bisa saja diambil pernyataan bahwa yang membuat dungu itu karena terlalu berusaha keras mengerjakan sesuatu, tanpa adanya variasi pekerjaan yang dilakukan, sehingga ia akan stay di tempat itu. Menjadi orang sibuk itu tidak menyenangkan, meskipun itu adalah zona nyaman mu. Semua yang kau kerjakan seolah hanya untuk satu tujuan, tanpa bisa atau sedikit pun menoleh ke beberapa sisi, sehingga pada akhirnya menjadi jenuh dan dungu.

Saya berpikir satu-satunya jalan dalam menghilangkan kejenuhan adalah pergi ke suatu tempat yang bisa membuat melupakan sementara permasalahan atau pemikiran yang ada. Tapi nyatanya itu bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Terkadang saya mengerjakan minat atau hobi lain disamping pikiran yang ada.

Ternyata memang benar, kita dianjurkan memiliki banyak kesukaan dalam hidup ini, karena saat kau jenuh kau bisa lari sementara ke minat yang lain dan kembali lagi ke minat awal dengan perasaan yang baru bahkan utuh.

Yap, pemikiran ini sudah saya lakukan sendiri, hasilnya memang tidak mengecewakan, tergantung seberapa besar semangat kita dalam melakukan pekerjaan tersebut. Apalagi beberapa minat saya pun sempat terhenti dalam waktu yang cukup lama.

Pemikiran ini muncul sejak saya membaca salah satu postingan teman blogger saya Adam Azkiya yang melakukan review buku Austin Kleon - "Steal Like an Artist" dengan judul Proyek Sampingan Itu Penting (Buku: Steal Like An Artist).

Saya yang awalnya berniat membeli buku ini terhalang oleh beberapa hal, tapi setidaknya ada gambaran mengenai buku ini sedikit yang dapat membuat saya lebih semangat dalam melakukan sesuatu, dan berhasil membuat saya ingat akan prinsip atau pesan yang ada di dalamnya. Yoi, makasih bang Adam! ehe ehe. Semoga saya bisa sempat membeli buku ini btw 😁

Memiliki banyak minat patut disyukuri, karena mungkin saja ada beberapa orang yang hanya memiliki satu kesukaan saja entah apa pun alasannya.

"Bila ada dua atau tiga hal yang kamu minati, jangan merasa harus memilih salah satu untuk dikesampingkan. Rawat semua minatmu selama hidup."

"Jika kamu menyukai hal yang beragam, tetaplah meluangkan waktu untuk itu. Biarkan semua itu terhubung, siapa tahu muncul ide baru. Intinya kamu bisa meninggalkan beberapa hal yang menarik bagimu dan berfokus pada satu minat saja. Namun suatu saat, kamu akan mengalami kebosanan (Tomlinson)."

Minat ataupun kesukaan sama halnya dengan hobi. Sejak kecil saya selalu menginkan menjadi orang yang multitalenta. Keinginan itu pun awalnya hanya hobi semata yang didasari dengan coba-coba (trial & error). Namun, seiring berjalannya waktu karena kegigihan dalam mewujudkannya akan membuahkan hasil, apa pun bentuknya.

Yap!
"Punya hobi itu penting sekali. Hobi adalah kegiatan kreatif untuk diri sendiri, bukan demi uang atau popularitas, kamu melakukannya hanya karena suka. Hobi itu memberi, tak pernah menuntut."

Selain itu jangan pernah berusaha untuk menghubungkan semua minatmu, karena tanpa dituntut ataupun dipaksa minatmu itu akan terhubung dengan sendirinya melalui si pelaku atau si pembuatnya.

Photo by Adam Azkiya
"Jangan kehilangan jati diri. Tak perlu bersikeras merancang skema dan menyatukan karyamu. Jangan hiraukan keterkaitan, yang menghubungkan karyamu adalah pembuatnya. Suatu hari nanti, kamu akan menengok ke belakang dan memahaminya."

Referensi:
Buku Steal Like An Artist oleh Austin Kleon
Review Buku oleh Adam Azkiya
Share:

7 comments:

  1. Kalok jenuh biasanya emang bener sik lakuin aja apa yg disuka. Mood bakalan jadi bagus lagi deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi!
      Terima kasih sudah berkunjung!😊

      Delete
  2. hobi senantiasa dilakukan dapat membantu hilangkan rasa jenuh di waktu kapan pun,
    bahkan ditambah adanya variasi hobi/minat memungkinkan kita untuk tetap kreatif dan dinamis...

    nice post hana ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ifaaan! Thank you!😃

      Yap! Setuju deh sama kamu.
      Nah, jadi hobi Ifan apa?

      Delete
  3. Waah Hanaaa. Baru main ke sini lagi gue dan jadi keren euy blognya. Suka tampilannya. \:D/
    Iya sih emang bener itu. Intinya ya harus have fun, jangan jadi beban. Hohoho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yosh! Makasih bang Adi!😊
      Yap. Kata kuncinya "Have Fun" sama "Jangan jadi beban" Woo!👍

      Delete
    2. Iya doong. Makanya nih aku main ke sini lagi numpang ngerusuh doang. Muahahaha. *kabur naik gojek

      Delete

Hai! Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga, jangan jadi silent readers ya! Ga punya akun untuk komentar? Pilih/pakai anonymous aja! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.