April 23, 2016

Tipe-Tipe Penanya Saat Presentasi di Bangku Perkuliahan #1

sumber
Ajaran baru di bangku perkuliahan akan segera datang. Sebagian besar anak SMA kelas 3 siap berjuang dan berkompetisi untuk mendapatkan bangku perkuliahan.

Bangku perkuliahan sendiri tidak terlepas dari yang namanya tugas-tugas, revisi, atau kepanitiaan/organisasi. Tapi hal itu harus dijalani dengan sebaik-baiknya, jangan salah ambil jalan. Harus bisa atur waktu sendiri.

Dilihat dari metode pembelajaran yang hampir sering dilakukan di bangku perkuliahan adalah presentasi. Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara berupa suatu topik, pendapat atau informasi di hadapan banyak orang (audiens).

Selain itu dalam kegiatan presentasi ada yang menjelaskan materi, bertanya, dan menjawab pertanyaan sehingga terjadinya kegiatan diskusi. Sering kali hal yang bisa membuat jalannya diskusi semakin seru adalah ketika adanya perdebatan pendapat antara seseorang yang bertanya dan sang presenter (pemateri). Proses tersebut terkadang tanpa disadari ada beberapa tipe penanya yang bisa dikelompokkan, yaitu sebagai berikut.

1. Tipe Ingin Tau
sumber
Biasanya masih ada beberapa orang yang rasa ingin taunya lebih tinggi daripada yang lain. Salah satunya ada dalam tipe penanya presentasi. Hal ini terjadi karena sang pemateri menjelaskan materinya tidak terlalu detail, sehingga menarik perhatian untuk bertanya dan meminta untuk menjelaskan hal-hal yang belum mereka ketahui. Tipe penanya ini pun termasuk tipe cerdas karena mereka bisa saja berpikir diluar dugaan (out of the box).

2. Tipe Ingin Mendapat Nilai/Poin
sumber
Beberapa mahasiswa terkadang ada yang pintar dalam hal berbicara namun kurang dari hal tulisan. Sehingga banyak diantaranya yang mencari nilai dari kegiatan diskusi, seperti bertanya. Maka dari itu, terkadang orang ini akan selalu berusaha mencari pertanyaan di setiap kegiatan diskusi dengan bahasan apapun dan dimana pun.

3. Tipe Penguji
Biasanya orang-orang yang bertanya dengan tipe ini banyak tidak disukai oleh yang lain. Hal ini karena tipe penguji ini akan bertanya dengan pertanyaan yang memang dia tahu jawabannya. Seperti halnya saat sang pemateri menjawab tidak sesuai yang diinginkannya, ia akan terus bertanya, atau bahkan dia akan berbisik 'bukan itu jawabannya' dan pada akhirnya ia akan memberi tau jawaban yang ia harapkan.

4. Tipe Pemalu
sumber
Keberanian seseorang berbeda-beda dari segi besarnya dan tempatnya. Salah satu tipe ini adalah penanya yang pemalu, dimana ia ingin bertanya atau memiliki pertanyaan namun tidak percaya diri untuk mengajukan pertanyaannya. Maka dari itu, ia akan menyuruh temannya untuk bertanya dengan pertanyaan yang ia pikirkan sebelumnya.

5. Tipe Kerja Sama
sumber
Kerja sama adalah suatu kegiatan lebih dari satu orang untuk melakukan suatu pekerjaan dengan menghasilkan sesuatu yang disetujui bersama. Kegiatan ini ternyata ada dalam tipe penanya saat presentasi. Prosesnya sendiri terkadang bisa dilihat dari dua sudut pandang, yaitu:
  • dari pemateri: sang pemateri terkadang tidak menginginkan menerima pertanyaan yang sulit, sehingga ia akan bekerja sama dengan temannya agar bertanya, dimana sang pemateri telah memiliki jawabannya.
  • dari penanya: ada seseorang yang ingin bertanya namun ia tidak tau apa yang harus ditanyakan, maka diberilah ia pertanyaan olah sang pemateri yang notabene ia telah memiliki jawabannya tanpa harus berpikir lagi.

Sebenarnya dari tipe-tipe penanya ini tidak hanya ada di bangku perkuliahan. Mungkin di tempat-tempat lain pun terkadang masih ada tipe-tipe seperti ini.

Nah, dari beberapa tipe tersebut kira-kira kalian tipe yang mana nih? Share yuk!
Ga ada? Kalo ga ada tunggu dipostingan selanjutnya ya! Jangan sampai ketinggalan!:))


#2 >>
Share:

6 comments:

  1. Yang nomor tiga nyebelin banget tuh asli deh. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang adi, berdasarkan pengalaman asli ini paling nyebelin.
      Harus dimusnahin segera.
      KA-ME-HA-ME-HAAAA!!! (/-)/====

      Delete
  2. Replies
    1. Woo! Ini dia salah satu tipe pengejar nilai:))

      Delete
  3. Replies
    1. Tipeuting atuh eta mah kang:(
      Wilujeng wengi atuh..

      Delete

Hai! Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga, jangan jadi silent readers ya! Ga punya akun untuk komentar? Pilih/pakai anonymous aja! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.