April 27, 2016

Tipe-Tipe Penanya Saat Presentasi di Bangku Perkuliahan #2

sumber
Oke mari berlanjut ke tipe penanya saat presentasi di bangku perkuliahan yang lain. Oh iya buat yang belum baca postingan sebelumnya silahkan baca dulu supaya tidak ketinggalan infonya.

< <  1

Nah beberapa tipe penanya selanjutnya ini tentu masih bisa berhubungan dengan tipe-tipe sebelumnya. Layaknya hubungan antara sebab dan akibat, ini dia beberapa diantaranya.

6. Tipe Pertanyaan dengan Jawaban yang Telah Ada
Tipe ini sebenarnya berkaitan dengan tipe sebelumnya (mendapat nilai), dimana seorang penanya ini akan fokus mencari pertanyaan berkaitan dengan tema bahasan yang disajikan. Besarnya usaha pencariannya ini membuat dia tidak fokus mendengar penjelasan sang pemateri. Sehingga, pertanyaan yang diajukan ini sebenarnya telah ada penjelasannya saat kegiatan presentasi berlangsung. Namun bisa juga tidak fokus karena dia tidak serius untuk belajar.

7. Tipe Pencari Kesalahan
Sebenarnya orang dengan tipe seperti ini cukup cerdas karena terkadang ia akan berpikir hal-hal apa yang bisa dijadikan sebagai topik pertanyaan. Umumnya hal yang dipilih ini merupakan hal kecil dimana ia bisa membuatnya menjadi besar dan menyebar ke yang lainnya. Selain itu, hal-hal tersebut bisa merupakan hal yang biasanya dinilai menyimpang atau bertolak belakang dengan bahasan sebelumnya, atau mungkin hanya adanya kesalahan makna. Bentuknya pun umumnya tidak disadari oleh audiens lainnya bahkan mungkin sang pemateri.

8. Tipe Tidak Gampang Puas
Kepuasan seseorang itu relatif. Seperti halnya dalam tipe penanya selanjutnya. Tipe ini termasuk orang yang tidak gampang puas atas jawaban yang diberikan oleh pemateri. Hal ini bisa terjadi karena dua hal, yaitu:
  • jika sang pemateri hanya bisa menjawab seadanya dan tidak jelas, serta
  • sang penanya berusaha mencari hal-hal yang berkaitan dengan topik yang ditanyakannya.

9. Tipe Takut Salah
Tipe ini adalah seseorang yang ingin bertanya tapi tidak yakin dengan pertanyaannya. Mereka akan selalu berpikir apakah pertanyaannya ini berkaitan dengan hal yang dibahas pemateri atau tidak, dan selalu diikuti dengan rasa takut salah. Sehingga, orang ini akan selalu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan teman disampingnya.

10. Tipe Salah Sambung
Salah sambung adalah suatu kejadian baik dalam bentuk suatu hubungan ataupun komunikasi dimana salah satu pihak berkomunikasi dengan topik yang menyimpang. Nah tipe penanya ini biasanya langsung bertanya tanpa berpikir panjang. Padahal nyatanya topik yang ia tanyakan tidak berhubungan dengan materi yang disajikan sebelumnya.

Itu dia 10 tipe penanya saat presentasi di bangku perkuliahan menurut saya. Nah menurut kalian ada lagi ga tipe lain? Kalo ada yuk di isi kolom komentarnya.
Atau dari beberapa tipe tersebut kira-kira kalian tipe yang mana nih? Share yuk!
Share:

2 comments:

  1. Muahahaha yang nomor 10 tuh temen gue pernah tuh, terus langsung disorakin sekelas. :))

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga, jangan jadi silent readers ya! Ga punya akun untuk komentar? Pilih/pakai anonymous aja! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.