January 22, 2014

Apa Jadinya..

Pernah ga sih kepikiran apa jadinya kalo kehidupan kita tanpa adanya teknologi? Ya kalo kata orang yang sebelumnya pernah ngerasain teknologi sih, asli hidup serasa hampa! Dan mungkin bisa jadi kita masih asik main api dari kayu atau main sama mainan tradisional (mending ini membudayakan tradisi). Kalo menurut kamu kira-kira apa jadinya?

Oke coba aja kalo memang dari dulu sampai sekarang bener-bener ditakdirin ga ada teknologi, pasti santai-santai aja, malah orang-orang lebih bekerja keras dan lebih semangat untuk mencapai harapan dan cita-citanya.
Dilihat-lihat zaman sekarang itu, teknologi udah maju sangat pesat. Kadang saya iri sama anak kecil, gila baru masuk sd aja udah punya hp atau bawa-bawa iPad lah.. Beh gaya bener.. Lanjut, emang teknologi sangat menguntungkan kita semua, contohnya aja dulu kalo mau cari tentang ilmu apapun harus cari di buku, itupun harus beli atau ya terpaksa pinjem, atau kalo mau ketemu sama temen nih, janjiannya dari jauh-jauh hari kali ya dan ga boleh harkos ingkar janji, bener-bener harus pasti. Sedangkan kalo sekarang? gampang banget cuy! Atau ga, lagi nunggu apa, dikit-dikit hp dikit-dikit hp. Ibarat pepatah katanya 'hanya dengan memasuki dunia internet/maya, dunia dapat dipegang dengan mudah' wow apapun bisa!

Terus-terus kalo kita sadari salah satu manfaatnya ya bisa ningkatin kemampuan dan kepintaran seseorang loh ibaratnya bisa belajar sendiri, itupun kalo menggunakannya dengan tepat. Banyak juga nih orang yang sukses atas jasa internet ini, sebut saja para penulis, para blogger, para penyanyi/dancer akibat mengunggah video, dan lain sebagainya.

Namun tidak banyak pula orang-orang yang menikmatinya dengan cuma-cuma dan sia-sia, membuat dirinya menjadi pemalas karena terlalu asik dengan gadget-gadgetnya, tidak mau bekerja, tidak mau makan (jujur kadang ini saya lakuin haha:p), atau mungkin berpindah tempat saja tidak. Hati-hati loh, hidupnya mau dihabisin cuma buat bermain di depan gadget tanpa ada guna dan hasil? Jangan gitu ya anak-anak!*loh

Image by Google Images

Asal kalian tau, hidup itu ga cukup kalo cuma untuk bersenang-senang dan bertahan aja, ya kalo mau hidupnya ga sia-sia sih. Kalian juga harus mampu berusaha melakukan hal-hal yang berguna, terutama untuk mencapai keinginan dan harapan kalian. Masa aja cuma bermimpi mulu ga ada usaha, tidur kali.. :$

Oh iya, udah cukup banyak juga kabar buruk akibat berlama-lama bermain didepan gadget, terutama pada anak-anak. Nih saya kasih tau beberapa;
  1. Teknologi bisa buat cedera sob! Sebuah studi yang terbit dalam jurnal American Journal of Preventive Medicine, 2009, menemukan cedera yang terkait gadget meningkat pesat, diantaranya; BlackBerry Thumb dan iPad Hand (cedera jempol dan cedera tangan seperti bisa membuat rusak otot), Tinnitus (telinga sering kali benging atau merasa mendengar suara-suara tertentu), PlayStation Palmar Hidradenitis (penyakit kulit jenis ruam atau mengakibatkan luka di tangan), Nintendinitis dan Wiiitis (cedera kepala, dislokasi bahu, hingga patah tulang), dan paling menyeramkan.. Tewas.. (rata-rata akibat penggunaan headphone yang bisa membuat pengguna tak awas atas peringatan sekitar)
  2. Selain itu ada lagi nih, anak-anak bisa menjadi kurang berinteraksi sosial secara nyata dan cenderung pemalu atau individualis, serta takutnya dapat mengakses hal-hal negatif.
  3. Ini nih kayanya menimpa saya juga dikit-_- ada kabar katanya sering jepret foto bikin cepet lupa, kok bisa ya? padahal tujuan ambil gambar kan buat nyimpen kenangan biar ga lupa cieelaah.. oke lanjut, ya alasannya ada dalam penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science yaitu ingatan sukar tertanam apabila seseorang lebih sibuk menjepret foto ketimbang berkonsentrasi penuh pada kejadian di sekeliling.
    "Orang-orang sangat sering mengambil kamera mereka untuk mengabadikan momen, sehingga mereka sebenarnya melewatkan apa yang terjadi di depan mereka" ujar Henkel pemimpin penelitian.
Termasuk dampak manakah dirimu?
Ya intinya di zaman penuh teknologi ini sih pinter-pinter atur waktu dan cari peluang aja, semoga kalian semua ga terjebak untuk menjadi budak para teknologi ya, toh teknologi juga diciptain manusia-manusia juga haha serta berguna sebagai alat bantu dalam pekerjaan manusia. Jujur kadang saya pun suka terjebak sama teknologi saking asiknya dan hebatnya tapi saya malah mikir gimana ya buat teknologi sehebat itu haha. So, intinya harus bisa selalu bekerja keras, lakukan yang terbaik, dan berpikirlah positif!

sumber:
http://tekno.kompas.com/read/2013/12/12/0715148/Sering.Jepret.Foto.Bikin.Cepat.Lupa
http://www.tempo.co/read/news/2013/08/14/060504353/Lima-Dampak-Buruk-Gadget
http://www.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/34664-dampak-positif-dan-negatif-gadget.html
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Hai! Salam kenal!
Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.