January 20, 2014

Belajar Makro [Flora]

Kali ini saya mencoba fotografi berupa foto makro yang kecil-kecilan dan masih dasar, alat yang digunakan pun berupa kamera digital biasa. Pada dasarnya fotografi makro sendiri adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop.

Fotografi makro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya. Selain itu hasil fotografi makro berupa gambar/foto yang difokuskan pada suatu hal tertentu. Objek yang sering digunakan pada fotografi makro yaitu binatang, tumbuhan, tetesan air, dan sebagainya.

Teknik fotografi makro yang saya tau mungkin tidak seberapa, diantaranya;
Pastinya memiliki alat berupa kamera, usahakan ketika akan mengambil gambar tidak bergoyang (shake), kemudian saat akan mengambil gambar, objek didekati secara hati-hati (binatang - serangga) dan harap memperhatikan fokus, cahaya yang masuk, dan angle. Selain itu alangkah baiknya cukup mengerti pengolahan hasil gambar.

Dan ini beberapa hasil pengambilan gambar saya berupa beberapa tanaman di sekitar rumah







Silahkan kritik dan sarannya, terima kasih! :-)
Share:

4 comments:

  1. bagus bgt han, kurang ada model dan ditunggu foto-foto dengan tema yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah pute makasih, tp masih kurang kalo belum pake kamera profesional. Oh iya kurang model apa pengen jadi modelnya? haha boleh-boleh janjian aja;-)

      Delete
  2. foto yg pling atas, bening,... "objek didekati secara hati-hati (binatang - serangga) dan harap memperhatikan fokus, cahaya yang masuk, dan angle" menurut saya inilah yang paling sulit dalam fotografi makro,...

    salam,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terima kasih atas info dan triknya kakak. Yang serangga juga saya sudah coba disini, tapi masih kurang bagus sih.

      Delete

Hai! Salam kenal!
Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.