February 15, 2014

Bersyukur.


source
Baru kemarin rasanya saya mendapatkan penerangan yang bisa membuat saya untuk lebih bekerja keras dan tentunya untuk bersyukur. Ya ini sebenernya ilmu yang bisa membuat kita sadar, mengingat apa yang sudah kita lakukan dan bersyukur. Ilmu ini sendiri saya dapat dari dosen wali saya. Beliau sangat baik ingin membagikannya dengan semua anak-anaknya. Maka dari itu saya pun ingin berbagi, tapi manfaat lainnya biar ga lupa juga sih *eh:p

Awalnya beliau menceritakan proses perjuangannya hingga sampai saat ini sukses menjadi seorang dosen. Tujuan utamanya selain mengajarkan untuk bersyukur, beliau pun ingin menyampaikan bahwa;
"Jalan kita itu sudah dipersiapkan dari awal oleh Allah SWT".
Seperti sabda Rasulullah SAW;
"Allah telah menetapkan takdir semua mahluk sejak 50.000 tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi" (HR.Muslim)
Yap berhubung kebetulan di fakultas saya banyak yang masuk bukan atas pilihannya sendiri atau bahkan dipilih hanya untuk jalan pintas. Mereka terkadang menjalani kuliah dengan setengah-setengah, dan tidak mau berusaha lebih keras. Namun disisi lain Allah SWT itu sudah dengan matang mempersiapkan untuknya, dan jika hambanya mengeluh atau apapun, Allah SWT seakan terus-menerus menuntun jalannya sesuai takdir. Intinya selalu ada aja jalannya.

Terkadang orang-orang yang dulunya nakal, susah di atur atau apalah itu, entah mengapa tidak sedikit pula ada aja yang menjadi orang-orang sukses yang sama sekali tidak terpikirkan olehnya. Nah itulah keajaiban Tuhan, Ia selalu membantu hamba-hambanya. Namun hal ini pun tidak terjadi dengan sendirinya. Perlu adanya usaha dalam menghadapi apapun, karena perlu kita tau Allah SWT menghargai usaha. Contohnya kita ambil hal simpel. Terkadang kita suka jengkel dan kesal dengan teman yang selalu mencontek dan hasilnya lebih besar daripada kita yang sudah berusaha keras untuk belajar. Namun pada akhirnya hal itu tidak akan terjadi pada nilai akhir karena Allah SWT tau segalanya. Contoh lainnya kita sudah bekerja keras untuk belajar, namun terkadang kita tidak bisa menjawab beberapa soal tapi Allah SWT akan menuntun kita ke jalan yang benar tanpa kita sadari meskipun itu melewati feeling kita sendiri.

Selain itu, ada lagi yang ingin saya sampaikan, bahwa seperti halnya peribahasa 'mulut mu harimau mu' usahakan untuk berbicara dengan baik , serta selalu berpikir baik seperti halnya kutipan 'you are what you think'. Tanpa kita sadari perkataan kita dapat mengubah sesuatu hal serta benar-benar bisa terjadi. Apalagi sebaiknya kamu ga menjelekkan diri sendiri atau suatu kondisi keadaan, karena itu bisa membuat sugesti dalam otak dan bisa terwujud. Salah satu kunci untuk mencegahnya yaitu milikilah sifat percaya diri namun tidak berlebihan, karena sebenarnya masih ada yang lebih kurang daripada kita. Maka bersyukurlah karena kita masih beruntung jika dibandingkan dengannya. Balik lagi ke awal tadi, kalo segalanya sudah dipersiapkan oleh Sang Pencipta dengan adanya suatu tujuan.

Nah jadi pada intinya kita harus selalu besyukur kepada Tuhan YME atas segalanya dan jalani apa yang telah kita dapatkan. Karena sesungguhnya Tuhan tau apa yang terbaik untuk kita semua, dan hidup akan terasa lebih indah jika kita selalu bersyukur.
Share:

2 comments:

  1. Insya ALLah membiasakan diri untuk sentiasa bersyukur, sebagai benang merah yang tiada putus antara kita dan Tuhan.. Selamat siang, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Selamat siang dan salam kenal juga :)

      Delete

Hai! Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga, jangan jadi silent readers ya! Ga punya akun untuk komentar? Pilih/pakai anonymous aja! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.