Pemberi Tanda

Saya ingat ucapan dari beberapa blogger, 'apapun kondisimu sempatkan untuk menulis'. Ya saya selalu berusaha menjalankannya, jujur kali ini sebenarnya saya memiliki banyak persoalan yang harus diselesaikan dengan cepat, salah satunya sih ehm tugas kuliah.. Padahal baru masuk semester awal-awal loh tapi tugasnya sudah cukup banyak, kayaknya sih. Iya saya tau ini cuma masalah transisi, lagipula nanti juga kondisinya lambat laun sama aja berubah dan terbiasa. Oh iya sebelumnya saya juga mau minta maaf nih kurang lebih seminggu ini engga posting, maklum kesana sini bulak balik nangor bandung, bisa dikatakan touring mencari ilmu. Emm.

Oke sekarang mungkin saya akan membahas tentang bencana yang belakangan ini baru saja terjadi di Indonesia. Entah mengapa awal tahun 2014 ini Indonesia sering terjadi bencana, dari mulai banjir, sampai meletusnya gunung berapi. Hal ini membuat kita harus selalu mengingat Tuhan YME dan berusaha selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Seperti halnya sesuatu pasti ada kerugian dan keuntungan, dengan kata lain dari bencana ini pasti ada kerugian dan hikmahnya juga. Yap salah satu hikmahnya yang tadi sudah disebutkan yaitu kita harus selalu mengingat Sang Pencipta.



Selain hal itu jika dilihat dari bencana meletusnya Gunung Kelud, ia mengeluarkan banyak sekali abu vulkanik hingga sampai ke Bandung, Jawa Barat. Namun disisi lain harus selalu waspada, abu vulkanik ini pun bisa dimanfaatkan menjadi penyubur tanah dan tanaman yang sebelumnya diproses terlebih dahulu.

Kelud dari bahasa Jawa itu sendiri berarti 'sapu' dan merupakan sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tergolong paling aktif di Indonesia. Seperti yang kita tahu negara Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung berapi terbanyak yaitu sekitar lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia juga merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Hal ini disebabkan karena Indonesia terletak pada pertemuan lempeng tektonik Eurasia dan Indo-Australia. Kedua lempeng tersebut bertumbukan mengakibatkan banyak terbentuk gunung api di Jawa bagian selatan dan Sumatera bagian barat. Dengan demikian Indonesia sering terkena gempa bumi dan juga menimbulkan tsunami.

Persebaran gunung berapi di Indonesia
Balik lagi ke Gunung Kelud, gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri. Sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI). Gunung Kelud ini sudah pernah meletus sebelumnya di tahun 1919, 1990, 2007, dan 2014.

Beralih dari hikmahnya, saya hanya ingin membagikan info yang juga saya dapat dari teman dan kerabat saya tentang gunung Kelud ini yang bisa membuat kalian berucap 'Subhanallah' dan setelah itu terserah apa tanggapan kalian semua.

Nah berdasarkan infonya, Gunung Kelud meletus pada tanggal 13 Februari (13:02) tahun 2014 (20:14) pada pukul 22:49 WIB di Jawa Timur. Hal ini banyak sekali info yang mengaitkan peistiwa ini dengan ayat suci Al-Qur'an. Bagi umat muslim khususnya coba saja buktikan sendiri.

Berdasarkan datanya meletusnya Gunung Kelud tertulis jelas di Al-Quran;
- Tanggal 13 Bulan 2 (Surat 13 ayat 2):
"Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. ALLAH MENGATUR URUSAN (Makhluk-Nya), MENJELASKAN TANDA-TANDA (Kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu."

- Tahun 2014 (Surat 20:14):
"Sesungguhnya Aku ini adalah ALLAH, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka SEMBAHLAH AKU dan DIRIKANLAH SHALAT untuk MENGINGAT AKU."

- Meletus Jam 22:49, 22:50 (Surat 22:49-50):
Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya Aku adalah seorang PEMBERI PERINGATAN YANG NYATA kepadamu." Maka ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN BERAMAL SALEH, BAGI MEREKA AMPUNAN DAN REZKI YANG MULIA.

Selain itu banyak juga yang bilang bahwa letusan dan magma yang keluar dari Gunung Kelud ini membentuk lafadz Allah SWT.


Subhanallah inilah peringatan yang nyata dari Allah SWT. Oke sekali lagi saya hanya ingin berbagi dan mengingatkan bahwa sesungguhnya kita tidak ada apa-apanya dan bukan siapa-siapa. Maka dari itu mari dekatkan kembali diri kita kepada-Nya dengan selalu berdo'a, bersyukur, dan beribadah, tak lupa kita pun harus mencoba mengingatkan satu dengan yang lainnya.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Kelud
http://en.wikipedia.org/wiki/Geography_of_Indonesia
Sumber gambar: Google Images

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.