August 12, 2015

Nikmati Proses Pembuatannya


Sudah sewajarnya jika seseorang harus bisa menikmati proses yang dapat menghasilkan sesuatu. Tapi tidak banyak juga yang bisa melakukannya. Banyak rasanya anak-anak muda di zaman sekarang terlihat sering mengeluh dalam melakukan sesuatu, yang mana mereka tidak menyadari bahwa itu merupakan suatu proses dalam mencapai sesuatu.

Sama halnya dengan yang saya coba sekarang. Meskipun ini bukan pertama kalinya. Ya itu adalah salah satu dari suatu proses. Jangan serius-serius banget nebak apa yang saya coba. Sebenernya saya mencoba membuat video stop motion.

Siapa sih anak muda zaman sekarang yang gatau video jenis ini? Tapi untuk itu saya akan bahas ini dari awal, yang udah jago diem dulu ya.

Nah video jenis ini dibuat bukan dari hasil rekaman seperti video pada biasanya. Stop motion ini dibuat dari gabungan sejumlah foto untuk menghasilkan suatu video. Udah jelas sih dari namanya "stop motion". Menurut saya pembuatannya ini sama halnya dengan proses pembuatan kartun dari gambar yang dibuat secara manual di sebuah kertas dan akhirnya digabungkan serta secara cepat dipindahkan pada gambar selanjutnya.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ini bukan pertama kalinya saya mencoba, dan bukan mulai dari sekarang-sekarang ini. Bedanya, stop motion yang kali ini jumlah fotonya lebih dari pada sebelum-sebelumnya, dan lumayan memakan waktu cukup banyak. Selain itu, video yang sebelumnya hanya di bagikan pada salah satu media sosial saja dengan waktu yang sangat pendek.

Ada lagi perbedaanya, kali ini saya memanfaatkan tools di komputer yang biasa dipakai orang kantoran untuk memasukkan data secara statistik, yaitu MS. Excel. Awalnya saya membantu orang tua dalam pekerjaannya, eh taunya ide muncul gitu aja. Emang bener ide bisa datang dimana aja dan kapan aja.

Nah ini dia hasilnya. Selamat menikmati!


Gimana? Kasih tau ya pendapatnya di kolom komentar!
Cara bikinnya? Gampang kok, kunci yang paling penting perlu sabar guys! 
Video ini sendiri dibuat dari sekitar 240 foto, dan itupun hanya menghasilkan video selama 1 menit lebih. Hasilnya tidak akan mengecewakan kok, kalo bisa menikmati prosesnya dengan baik.

Oh iya kalian juga bisa lihat nih sedikit bagian bagaimana saya membuat video tersebut. Selamat mencoba!


***
Share:

8 comments:

  1. Wuih keren! :D
    Aku liat video behind the screen-nya. Repot juga ya, karena excel nggak ada fitur layer kayak di photoshop jadinya untuk obyek yang numpuk (koin sama mario) perlu kamu gambar ulang bagian yg saling bertumpukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha iya, tapi seru kok hehe. Belajar nikmati prosesnya :)

      Delete
  2. wih mantav, jangan lupa mampir ke blog ala-ala gue

    salam www,travellingaddict,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih! Kalo sering berkunjung pasti dikunjungin balik kok.

      Delete
  3. Replies
    1. Makasih! Iya bener, kalo belum jelas dan yakin coba lihat dengan versi HDnya ya!

      Delete
  4. Wahh lg pengen belajar video editing ni,

    ReplyDelete

Hai! Salam kenal!
Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.