August 19, 2015

I Means Not For Free

Kemarin-kemarin kayanya isi beberapa postingannya agak serius. Ga tau karena emang pembawaan saya yang serius. Akhir-akhir ini juga saya merasa sibuk banget meskipun cuma di depan komputer berjam-berjam disertai istirahat tentunya. Tapi ada yang bilang kalo hal tersebut lebih melelahkan daripada lari keliling komplek. Sebenernya saya juga agak sependapat dengan pernyataan itu. Soalnya saat lari keliling komplek kalian dominan cuma butuh kekuatan di fisik aja, sedangkan kalo sebaliknya selain dominan butuh kekuatan fisik buat menahan posisi, juga dominan butuh kekuatan otak. 

Dok. Tumblr
Pada saat itu pula saya yakin kalo harga ide itu emang bener-bener mahal. Saat kalian ga butuh ide muncul gitu aja, tapi kalo lagi butuh banget ide suka tiba-tiba ga ada, apalagi kalo dikejar deadline. Makanya saya saranin buat selalu bawa buku saku dan pena biar bisa langsung tulis ide yang muncul gitu aja. Hp? Bisa sih, tapi buat buka lagi, jadi males dan bahkan bisa jadi lupa lagi disimpen dimana. Terus kabarnya menulis itu lebih besar nilaiya untuk mengingat sesuatu *saya lupa jumlah spesifiknya.

Bicara deadline, sekarang-sekarang saya sering dikejar deadline padahal cuma sekedar garis yang mati. Eh iya kan? Ya hal itu yang sedang saya alami sekarang. Anehnya saya bersyukur karena masih banyak orang yang mempercayakan saya dalam mengerjakan hal ini, meskipun jujur saya belajar secara otodidak. Ya, setiap saya kerja, saya merasa enjoy banget. Selain itu bisa dibilang saya jadi pekerja buat keluarga secara pribadi. Jangan anggap serius kaya kerja rodi atau romusha buat bisa dapetin kemerdekaan.

Oh iya saya juga sekalian mau mengucapkan Dirgahayu Indonesia! Umur kemerdekaan kali ini cukup bermakna. 70 tahun! Presiden ke 7! dan 17 + 08 + 45 = 70! Woo! Merdeka!

Tapi agak kecewa juga sih ditempat saya, lomba panjat pinangnya misah sendiri buat dilaksanakan yaitu bulan depan sekaligus acara pentas seni. Namanya bukan agustusan lagi kalo gitu. Ya itulah Indonesia, sekalian hemat waktu hemat biaya juga kayanya.

Oke balik lagi ke kerjaan. Sebenernya ini bukan kerjaan resmi juga, sepenuhnya ini volunteer dan cukup menikmatinya, itung-itung pengalaman. Kerjaan itu adalah desain, dari poster, t-shirt, sertifikat, stickercountdown, dokumentasi, publikasi, koordinasi dengan yang lainnya, dan mungkin masih ada yang belum dikerjain. Oh iya ada juga project ke depan buat layout majalah, tapi masih belum pasti. Hal itu pula yang buat saya agak macet untuk posting foto dan video seperti biasanya, ya memang tak masalah.. karena itu hobi lain.

Lama-lama ide saya terkuras, tapi bersamaan dengan itu banyak ide lain muncul. Senang sekali rasanya kerja di bidang seni ya. Emang udah passion-nya kali, meskipun saya ga belajar serius di bidang itu. Ya sebagai sambilan sepuluh sebelas

Hal itu pula yang bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan dan merugikan. Untungnya sudah jelas, ruginya saya masih kurang bisa membuat itu semua menjadi bisnis, apalagi kalo ada istilah "harga temen". Nah saya setuju nih sama ini. Kalo bisa semuanya bisa ngerti deh ya. And thank you for understanding! Bye!

Dok. Yulianzone
Share:

12 comments:

  1. Iya bener banget, Ide kalo ga di catet cepet ilangnya ,,kalo ane biasanya nyatet di HP teh :).
    Hebatnya, ane biasa berinspirasi di WC teh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banyak kok yang dapet inspirasinya di wc. Bahkan udah sampai ada alat note di wc loh anti basah.

      Delete
  2. sama kaya gue.. kadang ide itu suka buyar klo lg d butuhin,
    kesempatan ga datang 2x dan ambil ilmu dari pengalaman tersebut.
    klo saya masih ga yakin dgn kemampuan seni yg saya miliki.. blm bisa mengembangkan kemampuannya, dan harus mencari2 ide dgn melihat2 karya org lain, bukan mengcopy tapi mencari inspirasi untuk mengeluarkan ide2 tersebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap sudah seharusnya selalu ambil ilmu dari semua kegiatan.
      Cari referensi emang perlu tapi jangan keseringan, dan tentunya harus yakin sama diri sendiri. Kalo diri sendiri ga yakin, gimana orang lain hehe

      Delete
  3. kalo ada ide langsung aja catet di notepad lumayan buat bahan artikel berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sih kalo di pc pake sticky notes biar langsung kelihatan selalu.

      Delete
  4. bener banget, ide suka tiba tiba muncul gitu aja, kebanyakan sih kalo pas lagi mandi ato nongki di wc ya :p
    tapi ya kalau jauh dari pena & pulpen, HP menjadi andalan utama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga heran wc kadang bisa jadi tempat cari ide. Mengandung aura apa coba disana haha.

      Delete
  5. Desain layout majalah? Itu bikinnya gimana sih han?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa program kok yang bisa dipake, tinggal kita nyamannya yang mana. Paling simplenya kaya edit foto lagi kali ya, timpa-timpa gitu per layer.
      Tapi saya juga masih newbie sih jadi belum tau secara profesionalnya hehe.

      Delete
  6. Gila, itumah kebanyakan lah untuk sekedar volunteer, itu ngerjainnya sendiri atau gimana? tapi emang sih yang namanya volunteer, niat awal yang harus ada tuh ikhlas dan siap mental xD

    Lingkungan keluarga atau lingkungan rumah biasanya emang gitu sih, for free, tapi kalau udah keluar zona, udah dipandang 'Orang'

    2016 harus lebih oke :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebanyakan yaa. Sendiri sih, berhubung saya terikat di organisasi sih.

      Yosh! Amin! Mohon bantuannya master!:))

      Delete

Hai! Salam kenal!
Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca. Ayo berkomentar juga! Komentar pembaca dapat sangat membantu saya menjadi lebih baik.